Subscribe:

Pages

Senin, 12 Mei 2014

Coba Escolar, Ikan Monster Si Peluruh Lemak

Coba Escolar, Ikan Monster Si Peluruh Lemak


TRIBUNNEWS.COM, BANDAR LAMPUNG - Bagi para penggemar kuliner dengan bahan ikan, tak ada salahnya jika mencoba berburu ikan escolar. Ikan ini di beberapa daerah dikenal sebagai dengan nama gindara.

Ikan escolar banyak ditemukan di perairan Selayar di sekitar Laut Sulawesi. Ikan yang oleh penduduk setempat diberi nama ikan monster ini kemudian dijadikan santapan eksklusif di beberapa restoran kelas atas di kota-kota besar di Indonesia.

Apa istimewanya ikan escolar (Lepidocybium flavobrunneum) ini? Ikan ini mengandung kandungan Omega 3 dan Omega 9 yang tinggi.Omega 3 yang merupakan lemak tidak jenuh bermanfaat bagi pertumbuhan sel otak, organ penglihatan dan tulang, serta menjaga sel-sel pembuluh darah dan jantung tetap sehat. Omega 3 sangat penting bagi perkembangan sel-sel otak karena 40% asam lemak di otak terdiri atas asam lemak Omega 3.

Sedangkan Omega 9 bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar HDL atau kolesterol yang baik bagi tubuh.Ikan escolar bisa dibakar, tapi lebih enak jika dimasak dengan kuah kuning. Jika disantap dalam jumlah yang cukup banyak, maka keesokan harinya faeses kita akan berminyak, berkat lemak di perut yang diluruhkan. Di mana bisa memperolehnya kalau asalnya di perairan Selayar, Sulawesi Selatan? Bisanya, ikan escolar ada di jual di supermarket, tapi dalam bentuk fillet. Harganya cukup terjangkau.

0 komentar:

Posting Komentar