Subscribe:

Pages

Rabu, 25 September 2013

Tablet Melesat, Android Menggeliat

Jakarta - Pengapalan tablet PC secara global terus meningkat. Tak luput, tablet yang dibekali sistem operasi Android juga turut menggeliat.

Menurut laporan dari Strategy Analytics, pengapalan tablet dengan sistem operasi besutan Google tersebut kian melesat berkat partner hardwarenya seperti Samsung dan Amazon. Di lain sisi, Apple terus berjuang pada kuartal terakhir ini sebab tak ada seri baru yang digelontorkan.

Tablet Android, seperti dikutip detikINET dari AndroidCommunity, Rabu (31/7/2013), meraih market sharesebesar 67% di Q2 2013, sedangkan Apple mencaplok 28,3% yang diikuti oleh tablet Windows yang hanya mencetak share 4,5%.

Adapun untuk keseluruhan pengapalan tablet secara global mencapai 51,7 juta unit. "Pengapalan Apple iOS adalah 14,6 juta iPad di Q2 2013, turun 14% per tahun," tukas Peter King Director of Tablet di perusahaan analisis tersebut.

Dari proyeksi di masa depan oleh NPD, diperkirakan pengapalan tablet bisa mencapai hampir 364 juta secara global di tahun 2014, lebih dari 2 kali lipat dari prediksi pengapalan notebook PC dan ultrabook yang berada di kisaran 177 juta unit.

Sedangkan di tahun 2017 NPD mengharapkan pengapalan tersebut naik hingga mencapai 589 juta, sementara pengapalan PC dan ultrabook tidak banyak berubah yakni di angka 176 juta.

Pertumbuhan tablet dipicu oleh adopsi yang meningkat di negara berkembang berkat harga yang terjangkau, daya tahan baterai yang lebih lama dan model yang lebih sesuai. 

"Market PC sudah jelas-jelas bergeser dari notebook menuju tablet," tegas Richard Shim, analis senior di NPD Display Search dalam pernyataannya.

0 komentar:

Posting Komentar