Subscribe:

Pages

Rabu, 11 September 2013

Bahaya Jajan Sembarangan

Hay teman teman, kali ini aku akan menuliskan sebuah artikel tentang bahaya bahaya jajan sembarangan. Sebenarnya sih itu hal spele, ya khaaan? *alay -_-* Namun nih, ya dibalik jajanan yang sering teman-teman sebut hal spele itu, banyak sekali hal hal yang bisa membahayakan kondisi fisik teman-teman. Mulai dari alergi, penyakit, bahkan sampai menyangkut kematian. Efek dari jajanan sih bermacam-macam, ya, mulai dari yang ringan sampai berat, dari jangka pendek sampai jangka panjang, wih pokoknya semuanya sih bahayhay alias bahaya. Yuk kita simak aja artikelnya! :)

1) Bahan Pengawet Makanan yang Berbahaya

a. Formalin (H2CO)

Formalin adalah bahan kimia untuk mengawetkan mayat *berarti kita mayat :O* , resin kertas, dan untuk membunuh hama*jadi kita hama dong dikasih pembunuh hama* , pembersih lantai, dan pembasmi bakteri di kloset *korbaniklan*
Nih, aku kasih contoh ya pemakaian formalin dalam makanan alias jajanan yang kita beli sehari-hari :
- Ikan Segar :   Ikan basah yang warnanya putih bersih, kenyal, insangnya berwarna merah tua (bukan merah segar), awet sampai beberapa hari dan tidak mudah busuk.
-Mie Basah  :    Mie basah yang bisa awet sampai berhari-hari itu berarti bisa disngka positif mengandung FORMALIN (O.O)
-Tahu         :   Bentuknya sangat sangat bagus *lebay*, awet sampai tiga hari, kenyal, bau kedelainya sudah tidak nyata *pulpen kali ya*
-Bakso          :     Kenyal, awet sampai lima hari
-Ayam           :      Putih bersih bersinar merona sepanjang hari, tahan sampai berhari-hari

Karena Formalin ini digunakan untuk bahan resin kertas yang berasal dari kayu, maka resin eh formalin ini dapat membuat iritasi kepala dan membran mukosa. Formalin ini juga bisa merusak saraf pusat kita lho! Jadi waspadalah waspadalah! *korban bang Napi*

b. Borax 

Borax ini pengenyal makanan sekaligus pembunuh manusia, guys! Jika dikonsumsi dalam jangka panjang kita bisa mengalami gangguan otak, hati ganjil eh ginjal, bahkan KEMATIAN.

Ciri ciri makanan yang mengandung borax adalaaaah :

Bakso
* Lebih kenyal dibanding bakso tanpa boraks.
* Bila digigit akan kembali ke bentuk semula.
* Tahan lama atau awet beberapa hari
* Warnanya tampak lebih putih. Bakso yang aman berwarna abu-abu segar merata di semua bagian, baik di pinggir maupun tengah.
* Bau terasa tidak alami. Ada bau lain yang muncul.
* Bila dilemparkan ke lantai akan memantul seperti bola bekel.
Gula Merah
* Sangat keras dan susah dibelah.
* Terlihat butiran-butiran mengkilap di bagian dalam.

2) Pewarna Tekstil

a. Metanil Yellow

Bahan pewarna ini terdapat pada mangga arumanis.

b. Rodhamin 

 Nah, bahan bahan tersebutlah yag dapat menyebabkan kita sakit ringan bahkan sakit berat ataupun KEMATIAN. Jadi kalau jajan jangan sembarangan, ya ! Masih ada kok tukang jajanan yang gak berbahaya, tinggal teman teman aja yang harus teliti dan berhati hati.
Sekian :)

0 komentar:

Posting Komentar