Subscribe:

Pages

Senin, 19 Agustus 2013

Tizen Mulai Unjuk Kebolehan


http://images.detik.com/content/2013/08/19/317/tizen460.jpgSmartphone Tizen (ist)
Jakarta - Meski sempat dilaporkan bakal tertunda, OS Tizen mulai unjuk kebolehan. Hal tersebut dibuktikan lewat sebuah video yang isinya menunjukan aktivitas sebuah smartphone besutan Samsung yang telah mengadopsi Tizen sebagai sistem operasinya.

Dalam video yang berdurasi kurang dari 3 menit tersebut terlihat penggunanya sedang mencoba fitur NFC yang hampir dipastikan bakal didukung oleh smartphone berbasis Tizen itu. Mengandalkan sebuah NFC-card, penggunanya terlihat mencoba melakukan pengujian pengenalan antar perangkat NFC.

Smartphone yang digunakan sendiri pun sekilas memiliki desain dengan yang memiliki kemiripan dengan smartphone seri Galaxy besutan Samsung. Namun tentunya desain yang bakal diusngnya kelak masih belum dapat dipastikan, karena seperti diketahui kepastian akan kehadiran smartphone berbasis Tizen masing simpang-siur hingga saat ini.

Namun bila melihat video tersebut, bisa jadi ini artinya smartphone berbasis Tizen besutan Samsung telah memasuki tahap final dan tengah diuji. Bila benar, rencana Samsung mengumumkan kehadiran smartphone berbasis Tizen pada bulan November mendatang mungkin bakal terwujud.

Tizen sendiri dikembangkan Samsung bersama Intel. Berbasis Linux, Tizen dipromosikan Linux Foundation sebagai alternatif platform Android. Tizen sendiri adalah pengembangan dari platform MeeGo yang dulu dikembangkan Nokia bersama Intel dan LiMo.

Gembar-gembor kemunculan Tizen kabarnya bermula dari kekhawatiran akuisisi Google terhadap Motorola. Banyak yang berpendapat, Google nantinya akan mengutamakan perangkat Motorola untuk akses Android terbaru.

Meski telah dibantah oleh Google, rumor ini masih diyakini sebagian kalangan akan terjadi suatu saat nanti. Samsung adalah salah satunya yang menyiapkan kemungkinan tersebut dengan ancang-ancang merilis Tizen.

0 komentar:

Posting Komentar