Subscribe:

Pages

Sabtu, 05 Oktober 2013

Tips Memainkan Game PSP Di Android

Meskipun game-game modern di Android sudah sangat baik dan bisa menandingi game-game PSP namun ada kalanya kita ingin memainkan game PSP di Android. Selain ingin bernostalgia dengan game-game lama yang pernah dimainkan di PSP, beberapa judul game memang hanya dirilis ekslusif untuk handled yang satu ini. Jadi pertanyaanya, “Bisa enggak sih main game PSP di Android?” jawabannya bisa, tapi tidak semua game bisa!

CARA MEMAINKAN GAME PSP DI ANDROID

Pertama yang kamu perlukan adalah emulator PSP untuk Android, PPSSPP yang tersedia gratis di di Google Play. Selain itu kamu juga memerlukan file data game dalam format ISO atau CFO. Untuk mendapatkannya kamu bisa mendownload dari Internet tetapi jika kamu menginginkan versi legalnya kamu bisa install aplikasi di PSP mu yang merubat disc menjadi file ISO. Lebih lengkapnya ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Download dan install emulator PPSSPP dari Google Playstore.
  2. Transfer file ISO dari game PSP yang ingin kamu mainkan di android.
  3. Buka applikasi emlatornya di Android mu, akan tampil tampilan seperti berikut.
    ppsspp start 640x400 Tips Memainkan Game PSP Di Android
  4. Tap pada menu ‘load’.
    ppsspp menu 640x400 Tips Memainkan Game PSP Di Android
  5. Masuk ke dalam folder tempat kamu menyimpan file ISO game tadi.
    ppsspp game select 640x400 Tips Memainkan Game PSP Di Android
  6. Terakhir tap pada file ISO game PSP yang ingin dimainkan di Android, maka game akan langsung dijalankan.
    ppsspp ridge racer 2 a 640x400 Tips Memainkan Game PSP Di Android

GAME COMPATIBILITY

PPSSPP merupakan emulator yang masih sangat baru, bahkan aplikasi ini lebih cocok disebut sebagai prototype karena versinya masih 0.6.1 belum menginjak 1 sekalipun, jadi game-game yang compatible dan bisa dimainkan dengan game ini jumlah nya masih sangat terbatas. Saya sendiri mencoba 3 judul game, dan hanya Ridge Racer 2 ini yang jalan.
ppsspp ridge racer 2 c 640x400 Tips Memainkan Game PSP Di Android
Pihak pengembang memang sudah mengingatkan emulator ini belum final dan belum stabil, bahkan di halaman google play mereka sampai menulis “IMPORTANT: Please do not give bad reviews due to low compatibility. It takes time!” karena banyaknya review yang menjelek-jelekan aplikasi ini. Saya bisa mengerti, waktu untuk membuat aplikasi memang tidak bisa singkat, apalagi ini aplikasi emulator yang jauh lebih sulit dari aplikasi lain karena harus ‘memindahkan’ lingkungan yang ada di PSP dan menjalankannya dalam tubuh Android OS.
ppsspp ridge racer 2 b 640x400 Tips Memainkan Game PSP Di Android
Game-game lain yang juga sudah compatible dan bisa dimainkan antara lain Moto GP, Wipeout Pure, Mimana dan lain-lain, untuk daftar lengkapnya silahkan berkunjung ke halaman compatibility list di website PPSSPP

0 komentar:

Posting Komentar