Subscribe:

Pages

Selasa, 08 November 2011

Perkembangan Ponsel di Indonesia

    Ponsel? atau Hand phone? tentu sudah tidak asing lagi buat kita kan...Tapi apakah banyak dari kita yang tahu bagaimanakah awal perkembangan sehingga alat komunikasi yang digunakan oleh berjuta-juta manusia saat ini...
Handphone dikembangkan pada era 70-an di negara maju Eropa, dari sinilah lahir dan berkembangnya alat komunikasi yang sangat memudahkan manusia untuk saling berkomunikasi secara mobile.
Di Indonesia, pertama kali nya Ponsel hadir pada tahun 1985. Tahukah anda, Ponsel saat itu berukuran sangat besar dengan berat 430 Gram / hampir setengah kilogram dan harganya relatif tidak murah pada saat itu, yaitu 10 jutaan. Teknologi seluler yang digunakan saat itu adalah NMT-470 & NMT-450.
Tahun 1993, PT Telkom mencoba mulai proyek teknologi GSM (Global System for Mobile), yang sukses dengan Telkomsel sebagai Provider dan kemudian muncullah provider follower baru seperti Satelindo, Excelcomindo P.
Perkembangan yang sangat pesat atas pemanfaatan teknologi pada ponsel, dimulai dari adanya SMS ( Short Message Service ), hingga berkembang terknologi 2G, 3G dan 4G yang dapat mengakomodasi penggunaan Multimedia.
tak hanya itu,kemampuan ponsel sekarang telah banyak menggunakan layar sentuh.layanan-layanan canggihpun ditanamkan ke dalam ponsel tersebut.


Sumber : http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/websites/1995216-perkembangan-ponsel-di-indonesia/

0 komentar:

Posting Komentar